Ads By Google

Efek Terlalu Banyak Makan Pedas

Kamis, 23 Januari 2014

Efek terlalu banyak makan pedas
Ya, memang. Sambal dan makanan pedas rasanya sulit banget buat dihindari. Sekalinya cuma dalam menu yang itu-itu saja, tapi selera makan bisa langsung meningkat. Lalu, gimana ya menurut pendapat para sang ahli soal ini?
Dr. SK Thakur, seorang gastroenterologist dari Moolchand Medcity, India, mengatakan “Bumbu pedas memang dapat menimbulkan selera makan tertentu.
Tapi, yang perlu disadari, saat makanan pedas sampai di pencernaan, bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan. Mengapa? Ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung, terutama ketika menu makanannya terlalu pedas,” seperti yang dilansir oleh IndiaTimes.
Bahkan, menurut Dr. Thakur, ada beberapa penyakit lain yang akan muncul, bila kita terus menerus mengonsumsi makanan pedas lho Temans. Seperti yang berikut:
1. Meningkatnya Asam Lambung
Basically, makanan pedas itu adalah kombinasi dari asam, sehingga saat dikonsumsi dan diproses dalam pencernaan, jumlah asam akan bertambah (asam bertemu dengan asam). Inilah mengapa asam lambung dapat meningkat saat Teman CLEAR mengonsumsi makanan pedas.
2. Gangguan Lambung Akut
Dan saat asam lambung terus-menerus meningkat, gangguan lambung bisa menjadi semakin parah akibat peradangan yang terjadi. Umumnya, gangguan lambung akut akan muncul beberapa gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, dan kalau terlalu parah si penderita akan mengalami muntah darah.
3. Radang Lambung
Plus, radang juga akan terjadi kalau makanan pedas terlalu sering dikonsumsi. Dalam fase ini, dinding lambung sudah sangat terluka. Di beberapa kasus lambung mengeluarkan nanah dan terasa sakit yang luar biasa. Gejala radang ini berupa rasa terbakar di lambung, mual, muntah dan penurunan berat badan yang drastis.
4. Insomnia
Nih, jangan heran kalau Teman CLEAR jadi sulit tidur malam sehabis makan makanan pedas. Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, yang bikin kamu merasa nggak nyaman dan kepanasan saat akan tidur. Akibatnya tubuh enggan diajak tidur dan merasa resah.
5. Kehilangan Selera Makan
Saat semua menu makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, maka selera makan muncul nggak teratur. Akibatnya tubuh jadi tergantung pada makanan yang pedas-pedas saja.
Apa makanan pedas sama sekali nggak boleh dikonsumsi?
Enggak juga dong. Dokter memberikan saran agar mengonsumsi makanan pedas itu 3 – 4 kali dalam satu minggu. Dianjurkan pula biar kita mengonsumsi makanan pedas di menu utama saat siang hari, soalnya tubuh lagi butuh-butuhnya energi buat bergerak dan jedanya jauh dari jam tidur kita. Selain itu, setelah makan makanan pedas, dianjurkan pula minum susu atau air kelapa muda untuk menetralisir kadar asam di dalam lambung.(vem/bee/lin).

Sumber : clear.co.id

0 komentar

Posting Komentar